Minggu, 01 September 2013

sejarah Internet


Diawali dengan terbentuknya jaringan computer pertama di amerika serikat oleh ARPANET ( Adnvanced Reserch Project Agency) yang di bentuk tahun 1969 oleh Robert Taylor sebagai kepala kantor pemrosesan informasi di DARPA (Badan Riset Angkatan bersenjata amerika serikat). Robert Taylor bertujuan mengimplementasikan ide untuk membuat system jaringan yang saling terhubung. Akhirnya Robert Taylor bersama Larry Robert dari MIT membentuk ARPANET.
            Semulanya internet hanya di gunakan untuk kepentingan akademik dan militer di amerika saja. Namun dengan seiring perkembangan waktu tahun 1990-an internet di gunakan secara meluas oleh masyarakat umum.
            Tahun 1995 mulailah dikenal Word Wide Web atau yang biasa disebut web yang berfumgsi untuk menghentikan FTP (File Transfer Protocol) yaitu teknologi untuk melakukan proses pertukaran data. Saat ini internet bahkan dapat d gunakan melalui telephone dan alat komunikasi mobile seperti handphone atau PDA (Personal Data Assistant) dengan menggunakan teknologi WAP (wirless Aplication Protocol).

SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET DI INDONESIA
            Sejarah internet Indonesia di mulai pada tahun 1990-an. Jaringan internet di Indonesia lebih di kenal dengan PAGUYUPAN NETWORK. Sejak tahun 1988 ada pengguna awal internet di Indonesia yang memanfaatkan Compulink Information Exchange (CIX. Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet. Sekitar tahun1994 mulai beroprasi IndoNet yang di pimpin oleh Sanjaya. IndoNet merupakan ISP (Internet Service Provider) komersial pertema Indonesia. Lokasi IndoNet berada di Rawamangun. Akses awal IndoNet mula-mula memakai mode teks dengan shell account, browser lynx, e-mail client pine, chatting dan conference pada server AIX (Advance Interactive Executive). Di tahun 1995, Dapertemen Pos telekomunikasi menerbitkan izin untuk ISP (internet service provider). Mulai tahun 1995 beberapa BBS (bulletin board system) d Indonesia seperti Clarisa menyediakan jasa akses telnet ske luar negeri. Dengan memakai Remote Browser Lynk di amerika serikat, sehingga pemakai internet di Indonesia bisa akses internet (http). Tahun 1998, CIX(inggris) menawarkan jasa email dan newsgroup. CIX juga menawarkan jasa akses HTTP dan FTP (file transfer protocol). Tahun 1989 COmpuserve (AS) menawarkan jasa email memakai modem yang di hubungkan dengan gateway infonet di Jakarta.

FASILITAS FASILITAS DALAM INTERNET
1.      Word Wide Web (WWW)
Fasilitas yang berisi database terdistribusi. Dapat mengakses melalui web.
2.      Mesin pencari ( search angine)
Untuk mencari informasi yang terdapat di internet.
3.      Electronic mail (E-mail)
Untuk berkomunikasi dengan surat elektronik.
4.      Hypertext Tranfer Protocol (HTTP)
Dapat mengakses sesuatu di situs web dengan bahasa HTML
5.      Mailing list ( kelompok diskusi )
Untuk berdikusi secara elektronik menggunakan e-mail.
6.      FTP (File Transfer Protocol)
Mengambil data secara elektonik
7.      Chatting
Untuk berkomunikasi antarsesama menggunakan media tulis secara online dan real time.
8.      News group
Untuk berdiskusi secara jauh.
9.      Multimedia Streaming
Menampilkan secara online berupa lagu ataupun video.
10.  BLOG
Situs yang dikelola oleh perseorangan. Boleh  berupa catatan, tugas, liputan, video, dll. Tetapi harus mendaftar dulu.
11.  Toko online
Untuk berjual beli barang. Dengan mudah, cepat, dan lebih gampang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar